10 Makanan Khas Solo Legendaris, Ada Langganan Jokowi Lho!

Tahu Kupat Pak Gombloh
Tahu Kupat Pak Gombloh via Instagram/jajansolo

Hi Sobat Lezat dimanapun berada, terutama kamu yang akan atau sedang berkunjung ke kota Solo. Kota yang disebut juga dengan Surakarta ini terkenal dengan tradisi dan budaya yang cukup kental dengan masih eksisnya dua kerajaan yaitu Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat dan Pura Mangkunegaran. Sebagai kota yang layak untuk jadi objek wisata, tentu tak lepas dari satu hal yaitu makanan khas kota Solo. Hal tersebut memang terkadang menjadi tolak ukur penilaian suatu destinasi oleh para wisatawan. Dengan julukan The Spirit of Java, kota asal Presiden Joko Widodo ini juga dikenal sebagai salah satu surga kuliner di Indonesia.

Penasaran? Berikut 10 Makanan Khas Solo Legendaris, dan juga ada langganan Jokowi seperti Lezatpedia rangkum, Sabtu (29/7/2023).

1. Es Dawet Telasih Bu Dermi

Keramaian Pengunjung Es Dawet Telasih Bu Dermi
Es Dawet Telasih Bu Dermi via Instagram @penyukakuliner

Dari sekian banyak penjual es dawet di Pasar Gede, ada yang sangat terkenal yaitu Es Dawet Telasih Bu Dermi. Konon sudah ada sejak sekitar tahun 1930. Ibu Rut Tulus Subekti adalah generasi ketiga yang kini menjadi pengelola usaha Es Dawet Bu Dermi.

Setiap hari ga pernah sepi pembeli lo Sobat Lezat. Mereka rela antri mencari perpaduan es dawet ketan hitam, jenang sumsum, tape ketan, biji telasih, gula cair, santan, dan tambahan es batu untuk menghilangkan dahaga yang dinikmati langsung di tengah keramaian pasar.

Dengan rasa yang gurih, manis dan menyegarkan, serta pengalaman yang didapat, Es Dawet Telasih Bu Dermi memiliki pelanggan tak hanya dari masyarakat umum, banyak artis dan pejabat. Bahkan Presiden Jokowi sejak menjadi Walikota Solo sudah menjadi pelanggan setia es dawet ini lho!

Harga: Rp12.000,00
Jam operasional: 08.00 – 15.00 WIB
Lokasi: Pasar Gede Hardjonagoro, Pintu utara (tengah Jl. Jend. Urip Sumoharjo, Sudiroprajan, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57121

2. Soto Gading

Presiden Jokowi bersama keluarga di Soto Gading
Presiden Jokowi bersama keluarga di Soto Gading via Instagram/jokowi

Berikutnya adalah Soto Gading, tempat ini juga menjadi langganan Pak Jokowi semenjak beliau menjabat Walikota hingga sekarang lho sobat lezat, bahkan presiden Abdurrahman Wahid, Megawati Soekarnoputri, dan Susilo Bambang Yudhoyono juga pernah berkunjung di Soto Gading.

Menu makanan khas Solo ini sangat pas dan istimewa karena sudah berdiri sejak tahun 1975. Ada beberapa pilihan menu yang bisa kamu coba. Hidangan andalan Soto Gading adalah soto berkuah kental dari kaldu ayam bening. Berisi soun, suwiran daging ayam plus taburan bawang merah goreng, dan irisan daun seledri. Rasanya dominan kuah kaldu ayam yang ringan dan tidak banyak rempah.

Tersedia juga aneka jajanan hingga pilihan lauk, ada sate kikil, sate paru, sate telur puyuh, sate usus, empal, galantin, sosis goreng, dan rambak kulit yang tersedia di meja makan pengunjung.

Harga: Rp12.000,00 – Rp18.000,00
Jam operasional: 06.00 – 15.00 WIB
Lokasi: Jl. Brigjen Sudiarto No.75, Joyosuran, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57156

3. Sate Hj. Bejo

Sate Kambing Hj. Bejo
Sate Hj. Bejo via Jawapos

Masih edisi langganan Presiden Jokowi, sate kambing ini mempunyai ciri khas yaitu bumbu yang meresap, gurih, tanpa bau amis yang banyak orang hindari. Dimulai sejak tahun 1971 oleh Pak Bejo yang kemudian setelah meninggal dilanjutkan oleh Hj. Bejo beserta anak-anaknya.

Dengan jumlah pengunjung yang tak berhenti mengalir, pelayanan rumah makan ini tergolong cepat lho Sobat lezat, konsep semi live cooking yang dapat pengunjung lihat secara langsung serta alunan live music dari pesinden menambah daya tarik tersendiri.

Aneka menu Sate Hj. Bejo
Aneka menu Sate Hj. Bejo

Menu favorit dan andalannya adalah Sate Buntel yang merupakan makanan khas kota Solo. Terbuat dari daging kambing cincang yang dibalut dengan lemak daging. Kemudian di bakar dengan diberikan kecap manis. Satu porsi terdiri dari 2 berukuran besar.

Harga: Rp40.000,00 – Rp65.000,00
Jam operasional: 08.00 – 16.00 WIB
Lokasi: Jl. Sungai Sebakung No.10, Kedung Lumbu, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57119

4. Srabi Notosuman Ny. Lidia

Proses pembuatan Serabi Notosuman Ny. Lidia via Kompas
Proses pembuatan Serabi Notosuman Ny. Lidia via Kompas

Berikutnya adalah Serabi Notosuman yang sudah ada sejak tahun 1923 yang hingga kini telah diteruskan oleh generasi keempat. Notosuman sendiri diambil dari nama jalan tempat lokasi yang kini telah berubah menjadi Jalan Muh Yamin di kota Solo.

Bahan dasar kudapan ini adalah perpaduan tepung beras, gula pasir, santan, pandan yang menciptakan cita rasa yang khas. Terdapat dua varian rasa original dan coklat, pembeli dapat melihat secara langsung proses pembuatan makanan khas ini yang hanya butuh waktu kurang lebih 3 menit hingga siap untuk dihidangkan dengan lapisan daun pisang agar mudah dan tidak lengket ditangan.

Makanan khas warisan leluhur ini sempat digemari oleh Presiden Soeharto bahkan menjadi salah satu menu wajib bagi keluarga Cendana jika mengadakan sebuah acara lho sobat lezat

Harga: Rp34.000 – Rp36.000 (satu dus isi 10pcs)
Jam operasional: 05.30 – 16.00 WIB
Lokasi: Jl. Moh. Yamin No.28, Jayengan, Kec. Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57152

5. Warung Selat Mbak Lies

Menu Selat dan Sup Matahari Warung Mbak Lies
Menu Selat dan Sup Matahari Warung Mbak Lies

Bagi anda penggemar salad, Selat adalah makanan khas dari Solo. Warung Selat Mbak Lies merupakan kuliner legendaris yang berlokasi agak tersembunyi disekitaran jalan veteran, Solo dan tidak membuka cabang.

Makanan ini berupa potongan daging giling seperti lontong dengan tambahan sayuran wortel, selada, kentang, buncis, dan kacang polong. Di atasnya, disiram kuah kental dengan rasa manis asam yang begitu khas. Menu lainnya seperti timlo, sup galantin, gado-gado hingga stup makaroni juga memiliki rasa yang tak kalah nikmat.

Tak hanya menyajikan kuliner yang nikmat, Warung Selat Mbak Lies juga memiliki dekorasi interior yang unik. Di dalamnya, kamu bisa menemukan banyak ornamen keramik mulai dari piring hiasan dinding, guci, hingga lukisan yang ditata sedemikian rupa.

Harga: Rp16.000,00 – Rp28.000,00
Jam operasional: 08.00 – 17.30 WIB
Lokasi: Jl. Yudhistira No.9, Serengan, Kec. Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57155

6. Timlo Sastro

Timlo Sastro dengan sepiring nasi terpisah
Timlo Sastro via tripadvisor

Bagi Sobat Lezat yang masih asing, timlo adalah sejenis sup berkuah kaldu bening yang disajikan dengan daging ayam suwir, hati dan ampela, sosis solo, tak lupa potongan telur. Kamu bisa menyantapnya secara langsung atau dengan nasi. Rasanya akan semakin nikmat dengan menambahkan sambal dan perasan jeruk nipis.

Dari berbagai rumah makan penjual timlo yang bisa kamu temukan di Solo, salah satu yang popular adalah Timlo Sastro yang mempunyai dua cabang di jalan Abdul Muis, Setabelan, dan jalan Dr. Wahidin, Penumping.

Timlo Sastro termasuk wisata kuliner solo legendaris, karena memang sudah ada sejak 1952. Yang kini, kepengurusan Timlo Sastro sudah masuk generasi ketiga.

Harga: Rp24.000 (Timlo komplit)
Jam operasional: 06.00 – 15.00 WIB
Lokasi:

  1. Jl. Abdul Muis No.32A, Kepatihan Kulon, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57139
  2. Jl. Dr. Wahidin No.30, Purwosari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57148

7. Nasi Liwet Yu Sani

Nasi liwet lengkap beserta toping jerohan ati ayam
Nasi Liwet via tripzilla

Nasi liwet Solo menjadi makanan khas yang digemari karena memadukan gurihnya nasi berbumbu santan dengan kuah sayur labu siam dan toping santan kental bernama areh. Dengan lauk pendamping beragam seperti ayam suwir dan telur rebus, bahkan ceker hingga kepala ayam.

Menu ini identik dengan penyajian di “pincuk” daun pisang. Menikmatinya tak hanya pagi atau siang hari, tapi juga malam hari.

Salah satu penjual nasi liwet legendaris adalah Nasi Liwet Yu Sani yang telah ada sejak 33 tahun lalu. Area warung tenda yang sederhana dengan konsep lesehan namun peminatnya seakan selalu berdatangan lho sobat lezat.

Harga: mulai dari Rp13.000,00
Jam operasional: 17.00 – 23.00 WIB
Lokasi: Jl. Veteran, Gajahan, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57156

8. Tahu Kupat Pak Gombloh

Tahu Kupat Pak Gombloh
Tahu Kupat Pak Gombloh via Instagram/jajansolo

Legenda makanan khas Solo sejak tahun 1973 ini terkenal dengan rasanya yang konsisten meski sudah berdiri lama dan banyaknya penjual tahu kupat lainnya.

Dalam satu porsi piring kamu akan mendapat tahu goreng, ketupat, tauge, mi kuning, kubis, kacang goreng, daun seledri, potongan bakwan dan telur ceplok atau dadar sesuai selera.

Tempat ini tak hanya terkenal akan kelezatannya, melainkan juga harganya yang sangat terjangkau. Tak heran jika jam makan siang tiba orang akan berebut tempat duduk.

Harga: mulai dari Rp12.500,00
Jam operasional: 06.00 – 16.00 WIB
Lokasi: Jl. Perintis Kemerdekaan No.62, Bumi, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57147

9. Selat Vien’s

Sup Matahari
Sup Matahari via ayoindonesia.com

Selat sebagai makanan khas kota Solo tentu terdapat banyak restoran yang menyajikan menu tersebut, salah satunya Selat Viens yang telah berdiri sejak tahun 2006.

Selain aneka macam selat seperti selat daging iga, selat double daging dan selat daging cacah. Terdapat menu makanan khas bernama sup matahari, sup galantin, dan sup manten. Sup yang dapat anda cob ajika berkunjung ke Solo karena selain rasanya yang lezat juga tampilannya yang menarik dan unik.

Galantin ayam dengan paduan sayuran wortel, jagung, jamur kemudian dibungkus dengan kulit telur dadar. Lalu diatas piring disiram dengan kuah sup panas sehingga akan terbuka dan Nampak sajian penggugah selera.

Harga: Rp9.000,00 – Rp15.000,00
Jam operasional: 07.30 – 17.00 WIB
Lokasi: Jl. Hasanudin No.99 D/E, Punggawan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57139

10. Shi Jack

Susu Segar Shi Jack
Susu Segar Shi Jack via Instagram/kuliner_asiksolo

Tiba pada urutan terakhir, menu makanan khas di malam hari yaitu Shi Jack. Tempat nongkrong yang sudah beroperasi sejak tahun 1987 ini cocok bagi kamu yang ingin merasakan kesegaran susu sapi segar tanpa sentuhan pabrik dengan berbagai varian yang diberi nama menarik.

Seperti “Suramadu” yang berarti susu rasa manis madu, atau “Sukamandi” yaitu susu coklat manis dingin, dll. Semua nyleneh dan unik.

Selain minuman juga terdapat menu makanan lain seperti nasi “kucing”, roti bakar, pisang owol, nasi goreng sate-satean dan berbagai hidangan khas angkringan lainnya.

Menjadi perintis warung susu segar di Kota Solo, warung Shi Jack tersebar diberbagai sudut kota Solo dan Sukoharjo.

Harga: dibawah Rp15.000,00
Jam operasional: 17.00 – 24.00 WIB
Lokasi: Jl. Dr. Rajiman No.313/ 319, Panularan, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57149

Itulah beberapa kuliner rekomendasi lezatpedia bagi kamu yang sedang mampir di Kota Solo. Gimana sobat lezat, tertarik mencoba?

Total
0
Shares
Previous Article
Punten Pecel

5 Rekomendasi Makanan Khas Tulungagung Yang Wajib Dicoba!

Artikel Berikutnya
Makanan Khas Medan Soto Medan

6 Rekomendasi Makanan Khas Medan Wajib Kamu Coba!

WE88 Indonesia