5 Rekomendasi Makanan Khas Bogor Cocok Buat Pecinta Kuliner

Toge Goreng
Toge Goreng (Sumber : Garvin Goei)

Bogor adalah salah satu destinasi wisata cukup terkenal yang berada di provinsi Jawa Barat. Tidak heran lagi kota ini selalu dikunjungi para pelancong dari berbagai wilayah khususnya masyarakat Jakarta untuk menghabiskan weekend mereka setelah sepekan bekerja. Dijuluki kota hujan yang menyuguhkan cuaca sejuk ternyata makanan khas Bogor ini juga tidak kalah terkenalnya

Kota ini juga sering dikunjungi para pejabat negara karena merupakan salah satu kota tempat kediaman presiden Indonesia yaitu Istana Bogor. Mulai dari olahan buah, sayuran hingga daging dapat kamu temukan di kota wisata ini. Bagi kamu yang ingin berlibur bersama keluarga atau orang terdekat kota ini sangat cocok dijadikan destinasi sambil nikmati makanan khasnya. Kalau kamu sedang berpetualang ke kota Bogor, yuk jangan sampai ketinggalan mencicipi makanan khas Bogor yang cukup rekomendasi dan tentunya ramah di kantong.

1. Laksa Bogor

Laksa Bogor
Laksa Bogor (Sumber : Endeus.TV)

Nama yang unik membuat kebanyakan pelancong penasaran dan menjadikan list menu yang wajib di coba. Bagi masyarakat Bogor makanan ini juga sering dihidangkan untuk kegiatan acara- acara besar seperti syukuran, pernikhaan, dan hajatan. Dilansir dari Kabarbuana ternyata sejarah makanan khas Bogor ini berasal dari campuran masakan Cina, Arab, dan Betawi.

Komposisi laksa Bogor terdiri dari bihun, tauge, daun kemangi, irisan ketupat, yang disiram dengan kuah santan berwarna kuning. Sekilas, makanan ini mirip dengan lontong sayur, namun rempah yang digunakan seperti kunyit, jahe, lengkuas, serai membuat makanan ini berbeda dari lainnya. Untuk menikmati makanan ini kamu cukup merogoh kantong sebesar Rp 15.000,00/porsi.

Laksa Bogor Kang Dedi

2. Bapatong

Bapatong
Bapatong (Sumber : instagram.com/tsaniwismono)

Bagi kamu yang suka makanan berkuah, ini menjadi salah satu pilihan menu jika berkunjung ke Bogor. Bapatong adalah singkatan bakso kupat gentong membuat makanan tradisional ini yang cukup hits karena disajikan bakso sebagai makanan favorit masyarakat Bogor. Apalagi bagi kamu yang sering menjalankan puasa Senin dan Kamis, pilihan menu ini yang siram kuah sangat tepat untuk dinikmati setelah seharian berpuasa.

Ciri khas bapatong dagingnya dipotong bentuk dadu dan disajikan bersama iga sapi sebagai topping. Sajian ini paling pas disantap saat hujan dan ditambah dengan sambal yang memberikan sensasi pedas. Untuk menikmati makanan khas Bogor ini kamu bisa berkunjung ke Taman Kencana Bogor yang berada di tengah kota dengan cukup membayar mulai Rp 15.000,00/porsi.

3. Asinan Jagung Bakar

Asinan Jagung Bakar
Asinan Jagung Bakar (Sumber : KSM Tour)

Tak asing lagi, Bogor juga terkenal dengan kuliner asinan buah dan sayur. Namun, ada juga yang menjual dengan variasi baru dengan mengolah jagung yang dibakar sebagai bahan utamanya. Jagung bakar tersebut disiram dengan kuah asinan dan potongan timun yang dibubuhi cabai.

Asinan ini memang memiiki ciri khas tersendiri karena biasanya asinan diidentik dengan potongan buah-buahan dan sayuran seperti daun sawi, papaya, kol, kedondong, papaya muda, bengkoang, dan sebagainya. Lebih nikmat lagi, makanan ini di santap bersama kerupuk mie yang diremes. Seporsi makanan ini dijual dengan harga mulai dari Rp 20.000,00/porsi.

Asinan Jagung Bakar Pak Sabur

4. Toge Goreng

Toge Goreng
Toge Goreng (Sumber : Garvin Goei)

Buat kamu yang suka makan sayur, menu ini menjadi pillhan yang sangat rekomendasi kalau lagi berkunjung ke Bogor. Paduan bahan makanan toge, tahu goreng, bawang goreng, kerupuk, dan irisan mentimun yang disiram dengan bumbu kacang pedas manis membuat makanan ini semakin nikmat di santap apalagi kalau ditemani dengan segelas jus segar. Untuk bumbu kacangnya, kamu bisa pesan sesuai rasa dan selera jadi enggak perlu kkawatir kalau misalnya kamu sangat anti dengan cita rasa makanan pedas.

Mulanya, tauge goreng ini bukan buatan asli orang Bogor, Lho. Jadi, pada suatu ketika, seorang penjual tauge suku Betawi punya ide cemerlang buat variasi makanan dari tauge beda dari lainnya. Karena rasanya yang unik dan lezat, akhirnya dia merambah kota Bogor buat memperluas area dagangannya yang ternyata menjadi makanan primadona masyarakat Bogor. Harga makanan ini sangat terjangkau. Kamu cukup membayar Rp 19.000,00/porsi dan kalau kamu suka campuran lainnya tersedia juga kerupuk mie yang makin mantap buat disantap.

Toge Goreng Pak Inin

5. Cungkring

Cungkring
Cungkring (Sumber : sentul.city)

Nama cungkring bukan berarti setelah dimakan kamu menjadi kurus, ya! Nama cungkring kerap diambil dari bahan-bahan buat makanan tradisional yaitu cungur (bibir) dan kaki garingan menjadi satu kata yaitu cungkring. Makanan ini dipadukan dengan potongan lontong dengan irisan kikil cingur sapi yang toppingnya disiram saus kacang.

Selain kikil ada juga variasi daging lainnya, yaitu kulit, dampal, dan urat sapi. Saat menikmatinya, biasanya ditambah kecap manis serta taburan bawang goreng. Kalau merasa kurang pedas lagi, kamu bisa menambahkan cairan pedas sambal ijo biar makin mantap. Dengan harga Rp 20.000,00/porsi, kamu sudah bisa cicipi makanan cungkring dari salah satu kota sejarah ini.

Cungkring Pak Jum’at

Itulah beberapa menu makanan yang bisa dijadikan inspirasi. Kamu bisa mengeksplor langsung ke lapak makanannya setelah membaca artikel ini. Bagi kamu yang kesusahan buat ke tempatnya, kamu bisa naik angkot hijau dengan rute melewati tengah kota Bogor. Semoga bermanfaat!!

Total
0
Shares
Previous Article
Bubur Udang by Bubur Warisan

5 Rekomendasi Hidden Gem Makanan Khas Bangka Rumahan di Jakarta

Artikel Berikutnya
Macam-macam masakan khas Sunda

10 Rekomendasi Rumah Makan Khas Sunda di Bandung

WE88 Indonesia